September 02, 2010

Belenggu Umum Wanita: Wajarkah?

Ih sumpah, siang ini kerasa lebih panas dari biasanya! Angkot yang biasanya lewat Hutan Biologi tiap sepuluh menit sekali terasa jadi setengah jam sekali. Gue yang sama Pibi lagi gerah dan kipas-kipas wajah yang basah keringat ngedumel ngga karuan. Tapi Pibi jauh lebih keras ngedumelnya. Guys, neraka bocoooor!

“ Kenapa sih kost gue musti jauh di deket Mirota sono! Kan tiap hari jadi musti naek kopata!” Pibi sudah uring-uringan ngga jelas. Gue cuman melotot aja. Pembicaraan pasti akan segera bergulir. Ralat, pembicaraan panas!

“ Gue tau, abis ini pasti lo bakal bilang: kenapa sih kost gue harus deketan sama lo?!” balas gue ngga kalah sengit.

“ Iya, kenapa kost gue juga harus deket sama lo!” bener kan, bener kaaaan!

“ Eits satu lagi, kenapa juga lo musti belom punya cowok!” tega! Menohok banget deh hiks!

Tiba-tiba Pibi ngeluarin BBnya. Dia mencet-mencet beberapoa tombol yang entah gue ngga ngerti apaan. Suasana jadi sepi dan sedikit dramatis karena tiba-tiba aja gue ngerasa: emang bener yah, sampe sekarang pun gue masih jomblo. Kadang gue enjoy aja selama masih ada sebiji manusia di samping gue, yang berarti gue ngga kesepian. Tapi sekarang, sebiji manusia pun sedang asik dengan handphone mewahnya. Padahal Pibi juga ngga lebih cantik dari gue. Ngga cantik malah. Terus kenapa dia bisa dapet cowok cakep bermobil pula? Well, he’s on the phone now, connect to Pibi.

“ Iya saying…iyah nih sekarang lagi nunggu angkot lama banget…apa? Ah gitu deh. Katanya besok udah balik Jogja lagi? Lho kok bisa gitu?...ehmmm, gimana yah…ya iyalah aku kangen, secara elo pacar gue!” Pibi asik aja ngomong di telepon sama cowoknya.

“ Mirota Kampus Mirota Kampus…Mirota Kampus mbak?” Tanya kernet jalur 4 yang tiba-tiba melintas di depan gue. Gue langsung aja narik tangan Pibi yang lagi terhipnotis sama handphone-nya buat segera naik, tidak lupa juga mengamankan posisi tas agar aman dari jamahan copet sialan.

“ Iya, ini lagi naek anhkot…tangan aku ditarik aja sama si tengil. Hahaha…ya ngga dong yang…” sial kuadrat! Kok gue jadi dikacangin gini yah? Emang rada berisik deh si Pibi, tapi sumpah, berisiknya bukan sama gue! Garuk-garuk kepala, geje.

“ Udahan Bi teleponannya…gue kok jadi dikacangin kayak gini sih…” rengek gue, persis kayak anak kecil lagi minta balon warna merah.

“ Iyaaaa…udahan ya Say teleponnya, si tengil udah ribet minta ditemenin ngobrol! Iya, bye say…” Pibi matiin juga teleponnya, well, AKHIRNYA!

“ Lu ngga kira-kira banget sih nelpon cowok lo! Mwnding kalo lo minta di buat jemput kita disini! Nah ini, elu cumin mau pamer mesra aja di depan gue!”

“ Well, kinda twentysomething, dan masih jomblo, ya gini deh, kayak elo!” sambar Pibi. Damn hell…

“ Ngeledek lu?” dan sopir pun mengerem mendadak.

“ Malioboro, Malioboro, Mirota Mirota…Malioboro Mbak? Yokk!” si kernet masih jual suara. Iye gue tau, kopata jalur 4 emang selalu ke Malioboro kan?

“ Sini deh gue kasih liat!” Pibi ngeliatin ke gue foto cowok-cowok cakep. Ada yang Cina, Jawa, Batak, sampe yang bule. Dan Astaghfirullah, they’re not bad, not at all! Mupeng deh gue, mana kebanyakan mereka bermobil lagi! Pandangan gue berhenti di foto cowok berambut Mohawk, lagi foto di depan Baby Benz merahnya.

“ Oh, itu Luffy namanya. Lucu yah? Ngegemesin lagih! Dia anak kedokteran UII, mantan gue tiga bulan yang lalu,” jelas Pibi sebelum gue tanya. Hell no, semua foto cowok di ponsel Pibi cakep semua!

“ Yang ini?” tunjuk gue ke cowok berambut cepak ala tentara dan hidungnya bangir, khas arab.

“ Yordan, keturunan Arab. Kuliahnya sih di UMY, kedokteran gigi!” hell no for second! Pikiran gue tambah ruwet. Who are you, Pibi? Kenapa semua cowok yang pernah deket sama lo, bahkan di atas rata-rata semua? Pikiran gue kalut. Gue kan ngga jelek.

“ Tenang, dia bukan mantan gue kok.” Huft, finally!

“ Tapi TTM gue, yaaa bisa disebut selingkuhan gue pas gue masih jadian sama si Samin,” lanjut Pibi. For God’s sake!

“ Kok bisa sih Bi? Gimana lo milihnya?” tanya gue.

“ PAke feeling, darling,” Pibi tersenyum (sok) manis.

“ Well, jawaban yang diplomatis,” komen gue.

“ Turun mana mbak?” tanya kernetnya. Oh, lupa, bentar lagi udah sampe El’s! Bentar lagi giliran gue turun angkot.

“ Di El’s Pak, iyah, sini sini!” teriak gue. Pibi masih sibuk masukin ponselnya ke saku, saking terburu-burunya, kartu pelajar yang terselip di saku belakang jeansnya ikut tertarik keluar.

“ Bi, KTM lo jatoh!” Pibi celingukan ngga jelas.

“ Itu, deket kaki lo, Putra Bathara Ajiansyah!” dan Pibi tetaplah seorang Putra Bathara. Gue semakin ngga ngerti, apa emang dunia yang ngga pengen dimengerti. Pibi, seorang cowok, bisa dapet pacar, cowok pula, dan dia ganteng dan hampir selalu bermobil. Sedangkan gue, cewek, biasa saja, tapi normal, susah sekali dapat cowok. Apa emang sekarang lagi trend yang seperti itu? Sumpah deh gue ngga ngerti, what happens in this world?

Ciiiit…dan kopata pun mendesis.

N.H. Inda

02102010 11.46 p.m

Home

1 komentar: