Oktober 01, 2009

The Gogons, James and The Incredible Incidents


Wow... satu kata buat buku ini. Kalo diliat dari judulnya sih keliatan komedi banget gitu, tapi setelah baca. Ehmmm...ngga ada yang bisa aku jelasin. Semua masalah itu muncul dengan indah banget. Terus coba renungkan makna kata: hidup adalah sebuah siklus pengorbanan yang indah. Indah sekali bukan?? Tere-liye, sang pengarang menggunakan runtutan kata-kata yang indah buat menggambarkan sebuah kesedihan beruntun itu.

Novel itu bercerita tentang 6 sahabat, 6 cowok metroseksual dengan permasalahan yang jauh dari normal (menurutku sih). James, Adi, Diar, Dito, Ari, Azhar. Mereka memiliki kesamaan yang membuat mereka bisa berkumpul dan bersatu, tapi mereka juga punya their own problem yang pada akhirnya akan membuat mereka tidak menjadi enam.

Pengorbanan indah tanpa sengaja memporak-porandakan hubungan persahabatn mereka, persahabatan yang menjadi comfirt zone buat Ari. Persahabatan yang membanti Dito berusaha lolos dari eksekusi hukuman mati dan keterlibatannya dalam kesetiaan semu, persahabatan yang menguatkan Adi dalam pekik rumah tangganya yang hampir karam, persahabatan yang membuat Diar, entahlah, harus aku deskripsikan apa sosok manis ini, persahabatan yang membuat Azhar terus mengejar cintanya pada Dahlia hingga nyawa menjadi taruhannya, dan pada akhirnya, persahabatn yang menjadi korban dari runtutan masalalu James dan si gadis penderita skizofrenia akut dan unik.

Jalan ceritanya unik dan penuh misteri. Tapi Tere-Liye mampu bercerita dengan sangat detil bagaimana setiap hal itu menjadi nyata. Pertemuan di pesawat, lari telanjang, kata-kata kematian yang sarkas sekali, hingga bagaimana segerombolan komodo itu berbalik arah saat melihat tatapan cinta sepasang matanya. Semuanya indah, semuanya tragis, semuanya sayang untuk dilewatkan.

Judul: The Gogons, James and The Incredibles Incidents.
Pengarang: Tere-liye

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar