Oktober 28, 2010

Merapi's Effect: Please Don't Mind Yourself at This Momment!

What can i say? It was cool!
Ini pengalaman pertama gue jadi volunteer di tempat yang kena bencana. What do you think about this? Sad? Nah, everybody smiled there. Mungkin ada sesuatu yang bisa gue share disini bahwa keadaan yang serba kekurangan ngga bisa menutupi bahagianya kebersamaan. Gue pikir tadinya disana bakalan ada banyak muka sedih, manyun, dan bengong. Tapi nyatanya, mereka tersenyum lebar and sais like that natural disaster is just their annually activity!

Ada banyak hal yang bisa saya ambil hari itu. Thursday, October 28th 2010 at evening. Kami dateng saat cuacanya lagi sumpah dingin banget. Bau belerang masih kerasa disana, di Dusun Glagah-apaaa gitu lupa-, kecamatan Cangkringan, 12 km dari puncak gunung. Tadinya pengen adventure gitu, nyoba naek sampe bisa dapet potret gunungnya, walo ngga deket2 banget. Tapi akhirnya ngga kesampaian sih. Toh kita berenam, gue, Priscel, Grace, Lee, Dhani dan Kak Krisna ternyata punya kerjaan yang lebih mendesak daripada motret puncak gunung yang berasap: bermain dengan anak-anak. Well guys, i do love kids! Dalam beberapa menit aja mereka udah lengket banget sama gue: ke toilet dikuntitin, nyuci piring dikuntitin, sampe gue suruh bariis saking hilang ide pun mereka mau *sumpah capek maen kejar-kejaran*

Sampe pada malemnya, gue sama Priscel berhasil melarikan diri dari sergapan si anak-anak yang jumlahnya belasan itu dan bantu-bantu di dapur. At 7.00 pm, rasanya perut kita berenem udah kaga bisa diajak kompromi lagi: cacing-cacing pada protes minta dikasih makan. Jadilah kita nyari-nyari makanan, dan good news: makanan yang dimasak tadi sore ngga tau entah dimana So, kita jalan naik aja, dan nemuin tukang jualan nasi goreng. Mie rebus pedes plus wedang jahe gula batu rasanya beeeeuh banget. Bikin nagih! Apalagi disana dinginnya ngga ketulungan!

Karena pada awalnya kita sudah di-warning up buat bangun jam 2.30 am buat masak sarapan, jadi jam 10 malem itu kita mutusin buat tidur. Masalahnya, mau tidur dimana? Gile aja, pas kita lagi makan malam itu, warga dari 2 desa di deket puncak berpindah tidur di camp pengungsian kami. So, space buat orang tidur kan berkurang! Jadi yaaa kita nyari tempat tidur sendiri deh dengan hanya bermodalkan tikar tipis. Finally, kita menemukan tempat yang lumayan oke: teras toko kelontong, di luar rumah, angin berebes kemana-mana. Gue yang udah pake baju dobel tiga aja baru sempet tidur sejam akhirnya kebangun lagi: it's so damn COLD! gue tutup kepala gue pake slayer, but it didn't work! Gue menggigil, rasanya semangkok mie rebus tadi udah hilang dari perut gue. Gue liat, temen-temen gue juga begitu semua, si Grace apalagi, dia sampe gemerutuk saking dinginnya. Padahal dia udah pake syal!

Atas kesepakatan bersama, kita berenem pindah tidur di kelas aja. Mikirnya, paling ngga di kelas ngga kena angin gunung. Si Dhani sama Kak Krisna gotong-gotong tikar gitu bawa ke SD seberang camp pengungsian. Dan akhirnya, lumayanlah, bisa tidur tiga jam di kelas.

Back to the kitchen! Yay, work work work, i love working! Mulai dari goreng tempe bacem, ngupasin wortel, nyuci piring beserta perangkat dapur, sampe goreng telor dadar gulung! Baik sodara-sodara, gue pikir masaknya seberapa, ternyata SEGUNUNG BANYAKNYA! Haha i love helping others :)

The best things are:
  • Ternyata gue ada bakat masak, terbukti dadar gulung paling enak diliat adalah buatan saya
  • Ternyata goreng tempe bacem ngga boleh pake api yang gede, ato bakalan jadi kayak batu bata abis dibakar seharian
  • Ternyata togetherness is priceless, trust me :)
  • Ternyata semalem rasanya malah kayak makrab+KKN, seru abitch!
  • Ternyata Indonesian are kind, lovable, and amazing!
Dan akhirnya kita berenem pulang jam 8.00 am pagi itu, sambil terus melihat puncak merapi yang masih berasap. Gue ngerasa pengen balik lagi ke sana rasanya, ketemu anak-anak lagi. Ngeliat senyum mereka di atas rasa kehilangan yang tiba-tiba datang, membantu mereka, ngobrol panjang lebar dan ngeliat ibu-ibu itu tersenyum tulus ke gue, rasanya unforgettable banget. How bad you, lovely mountain. But do you know, how i love you :)

* for the one who is the darest person i've ever known, Mbah Maridjan, hope you R.I.P and God blessing you always. We love you and adore yourself so much. You're irreplaceable and so inspirative.


Love,
Inda

Tidak ada komentar:

Posting Komentar